Photobucket

Friday, July 27, 2012

Ikan dendeng manis dari Eretan

Ikan dendeng manis merupakan salah satu produk olahan ikan yang dibuat di desa Eretan, Kandanghaur, Indramayu. Ikan dibelah, dibuang isi perutnya dicuci, diberi bumbu lalu dijemur.


Ikan dendeng manis is one of fishery product made in the village Eretan, District Indramayu, West Java, Indonesia. To make this product : The fish is cut in half. The entrails are removed, as well the gills. The fish then is rinsed, seasoned and dried under hot sunshine.   



Ikan dendeng sedang dijemur. Cuaca desa Eretan yang luar biasa panas, sangat baik untuk penjemuran ikan.
The seasoned fish is dried under hot sunshine. 

Ikan dendeng ini dibuat dari ikan yang berukuran sedang, maaf saya lupa nama jenis ikannya, karena sewaktu di sana lupa catat dan banyak sekali nama-nama ikan yang tidak familiar oleh saya. 

The fish used for this product is small ones, but I forgot the name, because I didn't take a note. And when I was there, there are names of fish that unfamiliar to me. 

Kalau mau memasak, gunakan api yang kecil sekali. Bumbu ikan dendeng mengandung gula merah, jadi kalau apinya sedang, gula merahnya akan cepat bikin hangus ikan dendeng tersebut.


If you want to fry this product fish, the fire of stove should be in the minimum level. One of the seasoning used is palm sugar. If the fire is even in the medium level, the fish is getting burnt quickly.  


Akibatnya rasa ikan dendeng menjadi pahit dan keras kalau digigit. Tapi kalau digoreng dengan minyak secukupnya, dan api yang kecil, ikan akan matang dan tekstur dagingnya terasa dan manis.


So, the 'dendeng' fish will be bitter and hard. Just fry in oil and fire in the minimum level, you can taste the texture of its meat, sweet and mild spicy. 

Jika ingin disimpan, sebaiknya disimpan di kulkas atau dijemur secara berkala untuk menghindari terjadinya penjamuran. 


If you want to store it, keep in refrigerator or dry under hot sunshine, to prevent the fungi.

Jika berminat, silahkan hubungi pak Iwan no. HP  0821 1596 3574.
If you are interested, you can contact me by email. Because the name I mention above can't speak English enough. 


Tertarik untuk berbisnis online, penghasilan 4-7 juta sebulan dan jalan-jalan keluar negeri gratis ???? Gampang caranya. Add saja akun FB saya yang ada di sebelah kanan atau kiri artikel ini.  

Kalau sudah jadi friend saya di FB, nanti saya undang ke pertemuan bisnis kami. Kasih pesan ke inbox FB, minta diundang ke pertemuan tersebut. Saya gak mau ngundang orang sembarangan, pertama, nanti dianggap spam, kedua, kita juga gak kepengen kan diundang untuk satu kegiatan yang kita gak kepengen ikut. 


Tenang, kalau cuma hadir di pertemuan bisnis, gak perlu bayar. Pertemuannya juga online, lewat Facebook. Jadi gak perlu keluar rumah, kalau lagi di luar rumah, gak perlu batalin janji. Kan bisa lewat handphone. Asyik, kan. Yuk, gabung yuk.


No comments:

Post a Comment